Pages

Saturday, April 5, 2014

Indah Keramik Jakarta: 7 Tips Memilih Keramik


Tips memilih keramik untuk ruang tamu, dapur, ruang tidur, kamar mandi dan untuk teras rumah. Tak jarang ketika kita ingin membangun rumah baru ataupun merenovasi rumah kebingungan dalam memilih keramik, entah itu dari ukuran, jenis, merk, dan juga model keramik terbaik yang sesuai dengan selera.
Tips-tips memilih keramik:
1. Anggaran dan Penggunaan Dimana
Harga keramik sangat bervariasi, mulai dari yang Rp 30.000an per meter (kondisi keramik sale dengan cacing-cacing atau gompel di siku keramik) sampai dengan Rp 100.000an per meter (harga rata-rata homogeneous tile atau lebih dikenal dengan sebutan HT atau granit tile). Pelu ditimbang dari segi kebutuhan, apakah keramik untuk dapur yang mungkin tidak perlu terlalu mengkilap, asal kasar, jadi harga lebih murah, atau untuk digunakan pada ruang tamu dimana lantai keramik ingin terlihat bagus dan wah bagi tamu.


2. Untuk Lantai atau Dinding?
Keramik dinding lebih tipis dan lebih glossy karena glasur yang digunakan saat produksi berbeda dengan keramik lantai. Keramik lantai lebih tebal dan oleh karena itu lebih kuat tekanan. Banyak customer kami yang mengaplikasi keramik lantai untuk dinding, sah-sah saja selama customer puas dengan tingkat glossy keramik lantai. Ada juga yang memasang keramik dinding untuk lantai, tidak kami rekomendasikan karena ada resiko keramik retak saat dipasang di daerah high-traffic (banyak orang lalu lalang).

3. Seri Keramik Harus SAMA
Produksi keramik di pabrik hari A akan menghasilkan keramik dengan seri warna A, dan produksi keramik di hari B akan menghasilkan keramik dengan seri warna B karena isi ulang tinta dan shift produksi yang berbeda. Terkadang seri warna yang berbeda ini tidak terlihat terlalu menonjol, tapi untuk beberapa seri warna yang sangat jauh, misalkan seri A dan seri Z, perbedaan warna dapat terlihat jelas secara kasat mata. Satu ruangan SATU seri keramik. 
4. Warna dan Motif Keramik
Sesuaikan warna keramik dengan desain rumah. Apabila ingin ruangan bernuansa terang dan hangat, pilih warna beige/cream untuk lantai. Apabila ingin ruangan terlihat sangat bersih seperti ruangan dokter, warna keramik putih merupakan pilihan terbaik. Warna hitam/nuansa abu-abu cocok digunakan untuk kesan maskulin dan cool. Ruang doa dapat menggunakan keramik motif dekoratif untuk kesan arabic look.
5. Ukuran Keramik
Umumnya, satu ruangan SATU ukuran keramik. Misal keramik untuk lantai ruang tamu ukuran 40x40 cm, tidak akan dicampur dengan ukuran 30x30 cm karena terlihat tidak serasi. Ukuran keramik dinding juga akan disesuaikan dengan ukuran keramik lantai. Lantai 60x60 dengan dinding 30x30 atau 30x60, 40x40 dengan dinding 25x40, lantai 30x30 dengan dinding 30x30 atau 30x60, lantai 20x20 dengan dinding 20x25.
6. Layanan Garansi
Hal ini juga perlu anda perhatikan untuk antisipasi jika kita barang yang dibeli ternyata cacat atau tidak sesuai dengan bon. Misal: Beli kualitas KW 1 ternyata yang diterima barang KW3. Tanyakan kepada penjual yang ada toko apakah keramik yang ingin anda beli memiliki layanan garansi dan bisa tukar barang jika barang tidak sesuai pesanan.
7. Pemilihan Permukaan Lantai
Glasur yang digunakan dalam proses produksi lantai keramik memiliki beberapa tipe, seperti glossy (mengkilap), satin, matte (dove), bertekstur, atau kasar. Hal ini yang membedakan licin tidaknya lantai keramik. Jika untuk kamar mandi dan dapur misalnya, sebisa mungkin pilih keramik dengan tekstur tidak rata / emboss kasar agar tidak licin dan tidak membahayakan siapa-siapa.
Demikian tips-tips memilih keramik yang bagus dan berkualitas untuk anda. Semoga  artikel ini dapat membantu dalam memilih keramik yang terbaik dan paling cocok untuk kebutuhan anda. Selamat berbelanja!

No comments:

Post a Comment